Perbedaan Instance dengan Database

Kebanyakan kita mungkin tidak tahu persis perbedaan instance dan database. Banyak yang mengira bahwa instance itu ya database. Bagi yang lebih kritis lagi lantas bertanya-tanya, kalau gitu apa gunanya Oracle memakai istilah instance dan database?

Kalau kita membuat database dengan DBCA, by default nama instance dan nama database itu memang sama. Apakah nama database yang saat ini kita maintain itu sama dengan nama instance?

  • Untuk mengecek nama instance, pastinya semua DBA Oracle sudah tahu. Value dari ORACLE_SID adalah nama dari instance juga.
  • Untuk mengecek nama database, gunakan command select VALUE from v$parameter where NAME=’db_name’

untuk lebih jelasnya silahkan buka arsitektur oracle di sini : https://mzherri.wordpress.com/2011/11/23/arsitektur-oracle/

 

Instance adalah struktur proses dan memory yang menjalankan sistem database (DBMS, database management system). Sedangkan database adalah sekumpulan file yang menyimpan data (yang terdiri atas datafile, controlfile, dan redo log file).

Istilah Database Oracle yang sering kita pakai itu merujuk pada database management system (DBMS) Oracle. Ngucapin database management system mungkin terlalu panjang. Ngucapin DBMS mungkin kok tidak enak. Jadi gampang-gampangan, sebut saja database.

 

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: